Senin, 31 Maret 2014

Bisakah Berpuasa Daud Bersamaan Puasa Senin Kamis

Puasa Daud. Jawaban yang memuaskan adalah dengan cara mencoba dahulu berpuasa Daud dalam beberapa minggu atau bulan lalu cobalah lakukan juga berpuasa senin kamis. Hanya yang perlu diingat adalah hukum dasar waktu berpuasa Daud adalah selang sehari. Ini harga mati. Jadi, tidak dikatan puasa Daud bila dilakukan tidak selang sehari.

Bila setelah dicoba berpuasa Daud dan puasa senin kamis dapat dilakukan berbarengan maka lakukanlah. Bila motivasinya adalah pahala yang double dan hati merasa nyaman, maka lanjutkanlah. Namun, bila hati merasa tidak nyaman, maka hentikanlah karena secara logika, hal ini tidaklah mungkin dapat dilakukan. Silahkan coba dahulu.

Bila pertanyaannya, bisakah berpuasa Daud dilakukan bersamaan dengan puasa sunnah? Tentu jawabannya : bisa. Dengan catatan, pola puasa Daud yang selang sehari tersebut diniatkan untuk berpuasa sunnah lainnya atau mengganti puasa wajib atau puasa Romadhon yang batal beberapa hari. Karena biasanya bila membayar puasa Romadhon dihari biasa terasa lebih berat bila dilakukan dalam hari yang berturut-turut.

Catatan : yang dimaksud puasa Daud dilakukan bersamaan dengan puasa sunnah lainnya adalah dalam satu hari ketika berpuasa Daud, hari itu pula niat berpuasa sunnah lainnya. Tentu ini tidak bisa dilakukan.

Namun bila kondisinya berpuasa Daud hari ini yang berarti besoknya adalah tidak berpuasa dan hari ketika tidak berpuasa ini digunakan untuk berpuasa sunnah lainnya, maka hal ini dibolehkan. Sebagai contoh, puasa bulan Syawal 6 hari karena kondisi setelah 1 syawal ingin langsung berpuasa Daud maka selang satu hari ketika tidak berpuasa Daud dapat dimanfaatkan untuk berpuasa sunnah Syawal.

3 komentar :

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. maen bilang bisa , bisa , boleh kagak ada dalil, ckckckck

    BalasHapus
  3. https://konsultasisyariah.com/23743-jika-puasa-daud-jangan-mikir-puasa-sunah-lain.html

    BalasHapus